Senin, 14 Januari 2013

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standarisasi FIFA



Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia serta sebagai tonotonan paling menarik di duia. Muai dari anak kecil hingga orang dewasa bahan hingga lansia pun sangat banyak yang menggemari olahraga yang satu ini, baik yang menikmatinya hanya sebagai penonton atau yang yang memainkannya secara langsung. Sebagai cabang olah raga terfavorit di dunia, tentu saja sepak bola memuliki peraturan-peraturan yang telah disusun secara terperinci dan jelas oleh induk organisasinya yaitu FIFA. Bukan hanya sebatas peraturan pertandingan saja yang diatur oleh FIFA, bahkan untuk ukuran lapangan sekalipun pun FIFA telah menetapkan dengan jelas standarisasnya.

Untuk lebih jelasnya lagi, gambar berikut menjelaskan ukuran lapangan sepak bola secara terperinci yang telah memenuhi standarisasi dari FIFA
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran keseluruhan
Dimensi keseluruhan dari sebuah lapangan sepak bola menurut regulasi FIFA adalah:
Panjang minimum 90 m
Panjang maksimum 120 m
Lebar minimum 45 m
Lebar maksimum 90 m
sedangkan untuk pertandingan internasional
Panjang minimum 100 m
Panjang maksimum 110 m
Lebar minimum 64 m
Lebar maksimum 75 m
Garis Tengah
Tengah lapangan dibagi memanjang oleh garis lini tengah.

Lingkaran Tengah
Lingkaran tengah memiliki ukuran radius 9,15 m

Penalty Area
Sebuah kotak persegi panjang (kadang-kadang disebut "kotak penalti"), yang memilii panjang 40 m dan lebar 16,5 m.

Goal Area atau Area Penjaga Gawang
Daerah dengan panjang 18,32 m dan lebar 5,5 m ini merupakan daerah kekuasan penjaga gawang, sehingga jika terjadi benturan antara penjaga gawang dan pemain lawan maka pemain lawanlah yang diaanggap melakukan pelanggaran.

Setiap stadion sebenarnya memiliki ukuran lapangan sepak bola yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, akan tetapi setiap ukuran tetap di dalam range yang telah ditentukan oleh FIFA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar