Senin, 14 Januari 2013

Peraturan dalam Permainan Sepak Bola




Peraturan Sepak Bola -  Permainan sepak bola merupakan salah satu olahraga atau permainan yang paling digemari di seluruh penjuru dunia yang. Sepak bola merupakan permainan di mana terdapat dua tim dari 11 pemain (salah satunya adalah penjaga gawang) mencoba untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Pemain dikatakan mencetak gol ketika mereka berhasil memasukkan bola ke dalam gawang lawan (telah melewati garis gawang). Permainan sepak bola ini dikendalikan oleh satu Wasit di lapangan dan empat asisten wasit, 2 ditempatkan pada touchlines berlawanan, dan 2 lagi ditempatkan di dekat tiap gawang.
Dalam permainan sepak bola tentu memiliki peraturan-peraturan yang mengatur jalannya pertandingan. Secara umum peraturan sepak bola diantaranya, pemain dapat menggunakan setiap bagian dari tubuh mereka kecuali lengan dan tangan. Pergantian pemain dapat dilakukan maksimal sampai tiga pergantian pemain dalam setiap pertandingan dimainkan dalam kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA, konfederasi atau asosiasi nasional. Bola dikatakan keluar lapangan jika bola telah sepenuhnya melewati garis tepi lapangan (apakah di tanah atau di udara). Durasi dalam sebuah pertandingan resmi adalah 90 menit dimainkan dalam dua babak - masing-masing berlangsung setengah 45 menit. Tim yang menang adalah salah satu yang telah mencetak gol terbanyak di akhir permainan.
Oke, di atas telah dijelaskan peraturan sepak bola secara umum, nah sebenarnya terdapat beberapa dasar-dasar peraturan sepak bola, diantaranya sebagai berikut.

1. Ukuran lapangan
Secara umum lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola memiliki ukuran panjang 90-120 meter, dan lebar 45-90 meter. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat Anda baca di ukuran lapangan sepak bola.

2. Bola
Dalam aturan sepak bola menyatakan bahwa untuk ukuran bola harus memiliki diameter 68-70 sentimeter dan berat antara 410-450 gram.

3. Jumlah pemain
Jumlah pemain yang berhak berada di lapangan maksimal hanya 11 orang, 3 orang pergantian pemain, serta hanya 5 atau 7 atau 9 pemain yang berhak berada di bench.

4.  Perengkapan pemain
Pada dasarnya aturan sepak bola mengatakan bahwa seorang pemain harus memakai baju atau seragam (jersey), sepatu, bantalan tulang kering, celana pendek dan kaus kaki serta kedua tim harus memiliki peralatan yang berbeda sehingga mereka dapat dibedakan di lapangan.

5. Offside
Secara garis besar offside terjadi ketika seorang pemain yang menerima umpan berada di belakang pemain terakhir lawan tepat saat umpan dilepaskan oleh rekannya tepat ke pemain tersebut atau tidak ke arah pemain tersebut dan pemain tersebut mengejar bola hasil umpan dari rekannya tersebut. 

6. Pelanggaran
Dalam peraturan sepak bola, pelanggaran dapat terjadi ketika seorang pemain mencoba untuk mendapatkan bola dari lawannya dengan menendang dia atau mendorong lawannya baik itu karena kesengajaan ataupun tidak disengaja. Pelanggaran pun banyak tingkatannya, seorang pemain yang melakukan pelanggaran keras dapat dikenakan kertu kuning bahkan kartu merah oleh wasit.

7. Tendangan bebas
Ketika sebuah tendangan bebas dilakukan pemain dari tim lawan harus minimal 9,15 meter dari posisi di mana tendangan bebas akan terjadi. Begitu juga, pemain yang menendang bola tidak boleh menyentuh bola hasil tendangannya sebelum bola tersebut menyentuh rekannya atau pemain lawan terlebih dahulu.

8. Tendangan penalti
Penalti dapat diberikan jika pemain lawan melakukan pelanggaran atau handball di dalam kotak 18 meter (biasa disebut dengan kotak penalti). Namun, tidak semua kesalahan di dalam kotak penalti dihukum dengan tendangan penalti, sebagai contohnya, jika salah satu pemain dari tim yang menerima serangan memberikan opean bola langsung kepada penjaga gawang dengan menggunakan kaki dan penjaga gawang menangkapya langsung dengan tangan di dalam kotak penalti, maka wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung tepat di tempat kesalahan tersebut terjadi kepada tim lawan.Selain itu, sebelum penendang penalti melepaskan tendangan, pemain lainnya dilarang memasuki kotak penalti terlebih dahulu.

9. Lemparan ke dalam (Throw In)
Dalam peraturan sepak bola metode melemparkan harus mengikuti beberapa aturan yang ketat, jika tidak wasit akan memberikan kesempatan lemparan ke dalam untuk tim lain. Pemain yang mengambil lemparan harus tetap berdiri di luar garis samping, dengan telapak kaki tetap menjejak di tanah dan lemparan harus dilakukan dengan bola di atas kepala pelempar itu.

10. Goal kick
Goal kick merupakan salah satu peraturan sepak bola yang lebih kita kenal dengan tendangan gawang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, aturan mengenai tendangan gawang menyatakan bahwa tendangan harus cukup kuat untuk melewati area penalti. Jadi setiap pemain yang mengambil tendangan gawang (umumnya penjaga gawang), harus menendang bola kepada rekannya yang berada di luar dari kotak penalti.
 Peraturan sepak bola di atas merupakan sebagian kecil dari sekian banyak peraturan-peraturan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar